Cegah Genangan Air, Camat Ciledug Perbanyak Sumur Resapan 

Jakarta, BeritaGlobal.Com – Untuk mengatasi genangan air di jalan lingkungan,  pemerintah kota tangerang memperbanyak pembuatan sumur resapan di berbagai wilayah yang memiliki kondisi lahan rawan genangan dan banjir.

Salah satunya di wilayah Kecamatan Ciledug, Tangerang.

H.Sarifudin, Camat Ciledug, saat diwawancarai di tempat kerjanya (10/7/19) menjelaskan, bahwa sumur resapan yang dibuat di halaman parkir kecamatan ciledug adalah salah satu contoh untuk bisa di terapkan di masing masing kelurahan, Rw, dan Rt.

Demo perkenalan Sumur injeksi ini dihadiri Para Lurah, dan Sekel (sekertaris kelurahan) sekecamatan Ciledug.

” sumur injeksi ini akan di bangun disetiap kelurahan melalui DKM,LPM, Rw dan Rt diwilayah genangan air.Harapan saya dengan dibuatnya sumur resapan ini dapat mengatasi masalah genangan air yang masih ada dikecamatan ciledug,” jelasnya.

Sarifudin menerangkan bahwa sumur resapan merupakan salah satu upaya dalam mengkonservasi air tanah dengan memanfaatkan air hujan, sehingga akan membantu menyerap air sangat cepat ketika saluran air penuh.

Selain mencegah banjir saat musim hujan, sumur resapan berfungsi juga menjadi cadangan air dalam jangka panjang.

Cara kerja sumur serapan ini tiga titik, pertama bak In-lite sumur resapan yaitu lubang-lubang serapan yang terhubung dengan paralon 4″  mengalir ke modular tank berupa kotak hitam besar dengan ruang-ruang lubang yang dibalut dengan kain geotextile, disinilah proses air hujan yang kotor menjadi bersih.

“Setelah air dikodular tank air akan mengalir ketitik akhir sumur injeksi, titik inilah air akan masuk kembali kedalam tanah,” terang Sarif.(red/gr/bgc)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *