Walikota Tangerang Ingatkan Jangan Ada Satu Anakpun di Tangerang Yang Putus Sekolah

Tangerang, BeritaGlobal.Com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan meluncurkan Tangerang Cerdas Center (TCC) yang digelar di SMPN 24 Kota Tangerang, Jumat (12/7/2019).

Menurut Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, TCC dibentuk sebagai upaya meningkatkan taraf pendidikan masyarakat. Dengan adanya TCC diharapkan tidak ada lagi anak yang putus sekolah di Kota Tangerang.

“Sekarang kita kasih jembatan melalui Baznas, CSR yang berkomitmen turut memberikan jaminan masa depan agar sejak awal mereka sudah bisa mengenyam pendidikan,” ujar arif.

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaannya , Pemerintah Kota Tangerang akan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi, Baznas, Forum Corporate Social Responsibility (CSR), dan instansi/lembaga terkait untuk melakukan pendampingan kepada Anak Putus Sekolah (APS) dan Anak Rentan Putus Sekolah (ARPS).

“Mau dimasukin ke Dinas Pendidikan kurang aggarannya. Makanya jembatannya lewat Baznas dan Forum CSR nanti setelah itu dimasukkan ke APBD,” jelasnya.

Arief pun langsung menginstruksikan jajaran lurah dan camat untuk mendata warganya yang rentan bahkan putus sekolah.

Arief bahkan akan memberikan sanksi tegas bagi camat dan lurah yang tidak memberikan informasi terkait APS dan ARPS diwilayahnya.

“Ini komitmen saya komitmen pemerintah kota. maka camat, lurah sebagai pimpinan wilayah harus bisa memberikan informasi yang benar.Bukan karena takut jabatan, tapi ini tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Karena itu, dia bersama perangkat kerjanya harus menampung dan mencari jalan keluarnya. “Kalau dia tidak serius dan tidak mau mengurus, ya lebih baik mengundurkan diri saja,” pungkas arief.

Dia mengingatkan bahwa jangan sampai ada satu anak pun di Kota Tangerang yang putus sekolah. “Apapun kesulitannya, kita akan bantu,”tambah arief.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang,Masyati Yulia menerangkan ada beberapa fasilitas yang diberi lewat TCC ini diataranya dengan membentuk Satgas Anak Putus Sekolah, Membentuk Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang akan memberikan pendampingan atau bimbingan konseling bagi anak yang bermasalah secara psikologis. Ditambah dengan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Kami akan membuat posko, yang sudah ada di setiap RW ada fasilitator untuk menangani setiap masalah-masalah sosial,” papar mayati yulia.

Camat Ciledug H.Syarifidin HW merespon baik apa yang menjadi program pemerintah mengenai Tangerang cerdas. “Karena ini adalah tugas pokok kita sebagai  pelayan masyarakat bisa membantu masyarakat bukan dari sisi administrasi saja, tepi dari pelayanan dasar yang menjadi kebutuhan masyarakat yaitu pendidikan,”jelas Syarifudin.

Syarifudin tidak menafikan bahwa disetiap kecamatan atau kelurahan masih ada anak yang putus sekolah.

“ini tugas kita untuk bisa membantu anak yang putus. Mudah mudahan dengan kerja keras pak Walikota Arief R. Wismansyah yang didukung oleh semua elemen tingkat bawahnya bisa menjalankan program ini dengan baik mendapatkan hasil yang maksimal,” tutup Syarifudin. (red/gr/bgc)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *