Harapan Ojek Online Pada Visi Indonesia Jokowi

Bogor, Minggu (14/7/2019), pidato Presiden RI terpilih 2019-2024 Jokowi di Sentul International Convention Center, Bogor mengenai Visi Indonesia, menitik beratkan pada pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia yang handal dan dapat bersaing di kelas dunia.

Jokowi juga menyampaikan bahwa optimisme Indonesia akan semakin maju dan terus naik secara prestasi pada tingkat dunia juga merupakan tantangan yang harus diwujudkan bersama segenap rakyat Indonesia.

Mempersingkat birokrasi dan membubarkan lembaga-lembaga yang memperlambat birokrasi merupakan program kerja kabinet Jokowi 2019-2024 nanti.

Dengan demikian, Komunitas Ojek online “Garda Indonesia” menaruh harapan besar pada kabinet Jokowi 2019-2024 yang diharapkan dengan kebijakannya mampu dapat memayungi hukum para driver ojol di Indonesia agar dapat menjadi modal transportasi yang terintegrasi, dengan Sumber Daya manusia yang jelas memiliki karakter dalam mensukseskan pembangunan di Indonesia.

Karena itu, perlu kebijakan lintas sektoral kementerian kepada kepentingan ojol yang tidak hanya ditangani oleh Kementerian Perhubungan seperti sekarang ini.

Masih ada potensi lembaga pemerintah yang dapat memperhatikan kepentingan ojol seperti Kemenkominfo, Kemenaker, Kemenkop UMKM, Kemenkeu dan beberapa lembaga yang turut serta mengawasi persaingan dan pelayanan moda transportasi online ini.

Para Ojol berharap, Pemerintah sebagai eksekutif mulai mendorong dan mewujudkan terjadinya RUU Perubahan atas UU No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, dimana moda transportasi roda dua dapat memiliki legalitas sebagai angkutan umum, agar semua aspek transportasi ojol dapat memiliki kekuatan hukum dan legalitas yang sifatnya untuk melindungi kepentingan pengguna layanan ojol, driver ojol maupun teknologi yang diterapkan pada modal transportasi roda dua ini.

Igun Wicaksono
Presidium Nasional Garda Indonesia

Editor : (red/bgc)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *