Sumbangan Bencana Amanah Suci Perlu Transparansi !

Photo :Kiri, Jaket hitam, ivan ( Ketua ) kanan, kacamata ( Amaludin- Wakil Ketua ) Warta Jabodetabek Peduli.

Oleh : Ivan SP ( Ketua Warta Jabodetabek Peduli )

Assalamu’alaikum warohmatullaahiwabarokaatuh…

Bencana yang terjadi di muka bumi adalah hal yang tidak bisa dihindarkan. Banyak korban berjatuhan yang tidak disangka-sangka menyebabkan mereka kehilangan berbagai macam dalam hidupnya hingga kehilangan nyawa yang memang sudah ditakdirkan oleh sang maha kuasa.

Seperti apa yang terjadi di indonesia berbagai macam bencana seperti gempa di Palu, Donggala, hingga Tsunami yang terjadi baru-baru ini di Banten dan Lampung sekitarnya.

Oleh sebab itu, uluran tangan dengan mengirimkan bantuan untuk para korban sangat dibutuhkan bagi mereka yang terkena dampak bencana.

Banyak instansi dan organisasi yang tergerak dalam menggalang dana bantuan bencana yang berasal dari masyarakat membantu semampunya untuk dikirimkan kepada para korban.

Seperti apa yang dilakukan oleh kami komunitas sekumpulan Wartawan yang menamakan Warta Jabodetabek dengan spontan berinisiatif membentuk ” Warta Jabodetabek Peduli ” dengan menggalang dana untuk bantuan bencana khususnya di daerah Banten dan sekitarnya di awal tahun 2019 ( 1/1/19 )

Berawal dari keprihatinan kami sebagai manusia yang ikut merasakan penderitaan para korban tsunami di Banten dan lampung, maka dengan cepat kami membentuk kepanitiaan untuk membantu para korban disana, dan Alhamdulillah kepanitianpun terbentuk pada hari kamis ( 27/12/18 ) dan mempunyai Kantor Sekretariat Bersama di jalan Kramat Raya No.65 RT 001/05 Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Dirasa para korban bencana harus sesegera mungkin untuk dibantu, lantas kami berkoordinasi dengan teman-teman kami dan memutuskan untuk menggalang dana baik dari kebutuhan pakaian hingga uang yang akan disalurkan pada awal tahun 2019, yakni pada tanggal 1 januari 2019.

Meski dibilang masih minim berbagai macam inventaris maupun dana, kami berusaha dan bekerja keras mencari sumbangan dari berbagai komunitas Wartawan lainnya dan Alhamdulillah dapat mengumpulkan sumbangan dana sebesar 2 juta lima ratus rupiah, 2 dus dan 1 tas jinjing yang berisi pakaian dan perlengkapan sholat untuk diberangkatkan ke lokasi korban bencana khususnya di Banten dan sekitarnya pada selasa pagi, 1 januari 2019.

Demi transparansi informasi kegiatan dan dana yang sudah kami himpun, kamipun membuat Group WA ( Whatsapp ) untuk para Donatur ” Warta Jabodetabek Peduli ” dan memberikan informasi terbaru kegiatan sosial kami serta Amemberikan laporan sedetail mungkin.

Dari tekad kami yang teramat kuat untuk bisa menyalurkan langsung ke lokasi bencana, Alhamdulillah terbuka jalan kami dengan disambut baik oleh bapak Suparman SE.SH.MH yang sempat saya temui di Panti asuhan siti Walidah, Pinang timur jl Gading raya gang 8, Pulo Gadung, Jakarta timur, Jum’at ( 28/12/18 )

Bapak Suparman bersama organisasi Muhammadiyah cabang Pulo Gadung Alhamdulillah menyediakan transportasi untuk perwakilan dari kami yang bersama – sama melakukan aksi kirim bantuan ke lokasi bencana yakni di Labuan, Pandeglang, Banten.

 

Disana, saya bersama Bpk Amaludin Wakil Ketua ” Warta Jabodetabek Peduli ” yang juga sebagai ketua RW 02, Papanggo, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, penyerahan donasi bantuan kami salurkan kepada korban melalui Organisasi Kemanusiaan MDMC ( Muhammadiyah Disaster Management Center )

Labuan, Pandeglang, Banten dimana dari kami ” Warta Jabodetabek Peduli ” menyerahkan sumbangan dana seadanya yakni 2 juta rupiah, pakaian dan perlengkapan sholat.

Selain itu, kami semakin termotivasi oleh senior kami yaitu bapak Taufiq Rahman selaku Pimpinan Redaksi “Tabloid Skandal” yang menginspirasi keberhasilan beliau selama ini.

“Semoga sukses acaranya, 20 thn lalu saya juga sama wartawan lapangan kayak kalian,” ujar Taufiq yang saat itu pemberi dana terbesar sebesar 1 juta rupiah.

Sisa dana kami laporkan kepada para donatur  yakni 500 ribu rupiah kami alokasikan design 2 spanduk, proposal 10 buku, perlengkapan logistik, operasional dan transportasi lainnya.

Transparansi dana sumbangan bagi saya amatlah penting karena itu adalah tugas dan amanah suci yang harus dipertanggung jawabkan baik itu didunia maupun akhirat.

Aksi sosial seperti akan terus kami terus lakukan dan akan terbuka melakukan aksi kemanusiaan lainnya. Insya Allaah, Aamiiin…

Terima kasih untuk para Donatur, tanpa kalian kami bukan apa-apa…

Wallahu a’lam…

Wassalamu’alaikum Warahmatullaahiwabarokaatuh…

Berikut Para Donatur Warta Jabodetabek Peduli yang disumbangka ke MDMC Labuan, Pandeglang, Banten 1 Januari 2019 : 

1. Ketua.                : 110rb
2. Wakil ketua .    : 100rb
3. Sekjen.               : 20rb
4. Sekretaris 1.      : 10rb
5. Logistik 1 .         : 10rb
6. Logistik 2           : 10rb
7.Eni.                       : 50 rb
8 Dani.                     : 50rb
9. RW 02, Papanggo, Tanjung Priuk, Jakarta Utara           : 500 rb
10. H.Andi RR.          : 50rb
11 Hamba Allah (S) : 50rb
12. Hamba Allah (U) : 50rb
13.Ariyanti & suami : 50rb
14. Ikhsan .                 : 20rb
15. Warisman.            : 20rb
16. Nahor H.                : 150rb
17. Taufiq – Pimpred Tabloid Skandal                                                : 1.000.000
18. Hamba Allah ( imi) : 50rb
19. Adamz                       : 100rb
20. Wina .                        : 50rb
21. Alvan                         : 50rb

 

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *