Perayaan HUT PJI Ke-20 Tahun Dilanjutkan Dengan Kegiatan UKW Yang Di Ikuti Puluhan Peserta

 

HUT PJI Persatuan Jurnalis Indonesia, dihadiri Presiden RI dan Menteri Kominfo yang diwakili Direktur Pengelolaan Media Publik (dibawah Direktorat Jenderal Informasi Publik) KementerianKominfo, Siti Meiningsih.Kapolri dan Kapolda Jatim yang  diwakili Kabid Humas Polda Jatim Kombes pol Frans Barung Mangera.Pangdam V Brawijayayang diwakili Wakapendam Kodam V/Brawijaya Letkol Dodiet L.Gubernur Jatim yang diwakili Humas Protokol Provinsi Jatim. Bakesbangpol Provinsi Jatim diwakili Sekretarisnya, Budi Soekorilanto. Kapolrestabes Surabaya diwakili Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Retty S.A 

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dipimpin Devita, dan dilanjutkan pembacaan Kode Etik Jurnalistik oleh Lucky Margaretha  juga  sambutan panitia pelaksana yang langsung disampaikan oleh jentar selaku kepala bidang Humas DPP PJI.

Ketua Umum PJI bapak Hartanto Boechori dalam sambutannya ,beliau berbangga hati atas kerjasama dan urunan semua anggota PJI sehingga acara perayaan 20 tahun PJI ini terlaksana dengan baik dan khidmat, memperingati 20 tahun PJI ini  ketua umum PJI bapak Hartanto Bochari mengingatkan kepada semua pihak dan anggota nya bahwa PJI sudah berusia 20 tahun. Sudah cukup dewasa. Remaja. Bukan kanak-kanak. Karena itu saya harapkan, anggota PJI dapat bertindak dewasa dan lebih baik lagi”, ujar pria yang biasa dipanggil Boechori itu. “Tunjukkan kalau kita professional.  Kita harus lebih baik, lebih baik dan lebih baik lagi karena baik buruknya PJI tergantung rekan-rekan semua”, lanjutnya. Pji adalah salah satu wadah atau tempat berkumpulnya  para insan pers,saya berharap kedepannya pji selalu exist di penjuru tanah air NKRI tercinta ini.

Kabid Humas Polda Jatim Kombespol Frans Barung Mangera yang hadir dalam kapasitas mewakili Kapolri dan Kapolda Jatim, mengungkapkan sebenarnya dirinya sedang cuti namun terpaksa harus hadir karena diperintahkan oleh Kadiv Humas Mabes Polri. Dirinya juga menyikapi positif pelaksanaan UKW PJI dan mengatakan pihaknya juga melaksanaan uji kompetensi bagi anggota Polri untuk menganalisa setiap informasi yang ada, sehingga tidak semua informasi bisa disebarluaskan. 

Sambutan Siti Meiningsih, wartawan adalah orang hebat karena bekerjanya 7 hari 24 jam. Dan beradaan organisasi PJI sebagai jembatan bagi para wartawan yang bergabung di PJI untuk terus meningkatkan profesionalisme jurnalistiknya, sekaligus menjadikan PJI profesional dan jaya ke depan. “Wartawan sebagai pilar demokrasi yang penuh kedamaian dan terus berjuang membela NKRI. 

Usai acara HUT PJI, dilanjutkan pembukaan UKW anggota PJI angkatan ke-2 yang dilaksanakan di tempat yang sama,ya itu  Golf Graha Family Club House selama 2 hari, 23-24 Desember.

UKW yang diikuti oleh 15 peserta. Jenjang utama 6 peserta, jenjang madya, 2 peserta dan jenjang muda 7 peserta. Dan tim penguji yang langsung  direkomendasikan oleh Dewan Pers dari UPN ‘Veteran”, Saibansah Dardani yang sengaja jauh-jauh “terbang” dari Batam untuk menguji anggota PJI yang mengikuti UKW jenjang wartawan utama. Susilastuti menguji jenjang wartawan madya dan Fauzi menguji jenjang wartawan muda. Keduanya datang dari Yogyakarta.

UKW PJI angkatan ke-2 ditutup Senin, 24/12 jam 16.00 oleh Susilastuti dari UPN Veteran bersama Ketua Umum PJI. Disayangkan, 5 peserta dinyatakan belum kompeten. 10 anggota PJI lainnya dinyatakan kompeten. 

Sebelumnya, 18-19 November 2018, UKW anggota PJI angkatan pertama dilaksanakan di Surabaya dihadiri anggota Dewan Pers Imam Wahyudi. mewakili Dewan Pers.

Tim penguji dari Lembaga Penguji Kompetensi Wartawan dan Sertifikasi Keterampilan Jurnalisik Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta, Subhan Afifi, Susilawati, Arif Wibowo, Agung Prabowo dan Saibansah Dardani. Sedang tugas kesekretariatan-

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *