Konflik di Papua, Pemerintah Harus Negosiasikan Dengan Rakyat Papua

 

Jakarta, BeritaGlobal.Com- Diskriminasi rasial yang di alami oleh mahasiswa papua di surabaya beberapa waktu lalu menjadi pemicu kerusuhan di papua akhir-akhir ini. Namun, sesungguhnya yang dibawa dipermukaan adalah isu papua merdeka.

Hal itu diungkapkan oleh tokoh Papua Barat,Willy Hegemur pada diskusi Solidaritas Pemuda Papua dan Ras Melanesia Merajut Kebersamaan, NKRI Harga Mati.(31/8/19)

Jika kemudian isu papua merembet meluas disikapi begitu sangat dekat oleh aparat yang kemudian menimbulkan cless dan massa akhirnya tidak terkendali. “masa tidak terima dengan pendekatan refleksi pihak berwajib, kemudian mulai menimbulkan dekstruksi anak” ujar Willy.

Kemungkinan-kemungkinan bisa saja terjadi. isu papua dimanfa’atkan oleh kelompok-kelompok radikal garis keras dan kelompok-kelompok yang ingin menggagalkan pelantikan presiden jokowi sebagai presiden periode 2019-2024.

” Memang tentu ada kepentingan kelompok mereka juga khan, terbukti diskriminasi recehan disikapi dengan massive meluas dengan gerakan-gerakan papua yang membawa simbol-simbol perlawanan seperti bintang kejora dan menuntut harus ada referendum,” tutur Willy.

Willy berharap, Presiden jokowi membuka langkah-langkah ruang dialog antara semua stackholder papua dengan pemerintah dan harus ada kesepakatan. Meskipun nanti ada keinginan merdeka dan sebaliknya, harus dibicirakan dan di negosiasikan.

” Papua harus bersepakat untuk menjadi negara NKRI atau tidak. Karena suatu bangsa itu khan tercipta karena ada niat tekad cita-cita yang sama. itulah prinsip membangun bangsa. Jadi, berbicara bangsa indonesia bersama-sama papua harus mendapatkan komitmen dari papua untuk menjadi indonesia. Kalau tidak ya hal ini akan tetap ada,” pungkas Willy.

Namun sesungguhnya, Willy menjelaskan, Papua adalah termasuk Kota Perjuangan seperti kota Surabaya yang pernah memiliki sejarah dengan Presiden RI yang pertama Soekarno dan pernah terlibat dalam upaya-upaya kemerdekaan,” seperti   yang ada hari ini. membela benar-benar,” selorohnya.

“Masyarakat cinta NKRI  itu memang sangat kuat. Ada memang masyarakat papua merdeka juga,” tandas Willy.

Isu papua merdeka telah diakomodasi oleh forum pasific. kemungkinan forum pasifik akan mendorong masalah papua di sidang tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ). (red/bgc)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *