IPI Targetkan 10 Ribu Outlet Grosir,Tingkatkan Ekonomi Pesantren

Dalam rangka menjalankan kebijakan Bidang Peningkatan Pengembangan Pesantren Indonesia dan Teknologi Informasi (P3I dan Tl), Ikatan Pesantren Indonesia (IPI) membentuk sebuah badan otonom yaitu Yayasan Peningkatan Pengembangan Pesantren Indonesia lkatan Pesantren Indonesia (YPBI IPI).

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (DPP IPI) KH. Zaini Ahmad mengatakan, pembentukan Bidang P3I dan Tl ini dimaksudkan untuk menangani bidang sosiaI dan ekonomi melalui akselerasi teknologi. Programnya, lanjut Zaini, mulai dari pertanian, kebutuhan pangan dan perikanan. sekaligus terkait dengan keuangannya juga. kemudian pembukaan koperasi dan keuangan-keuangan syariah yang akan disebar di seluruh Indonesia.

“IPI berupaya bagaimana menggerakkan perekonomian di kalangan pesantren dalam memenuhi kebutuhan pokok. Semoga kehadiran YPSI IPI dlharapkan dapat meningkatkan percepatan dalam mewujudkan visi dan misi IPI pada khususnya, serta membawa berkah dan manfaat untuk ummat pada umumnya,” ujar KH. Zaini Ahmad, Rabu (27/3/2019) di Sawangan Depok.

Lebih lanjut Zaini menjelaskan, sebagai langkah konkret, IPI telah membentuk 100 outlet grosir dan ditargetkan untuk tahun ini terbentuk 10.000 outlet di seluruh Indonesia. Sejak pemerintah menetapkan hari santri nasional, IPI merasa berkewajiban untuk melakukan pembinaan-pembinaan terhadap pesantren.

“IPI berharap pemerintah melalui kementerian agama dapat benar-benar hadir di kalangan pesantren,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *