Diskusi Garasi Duta Jokowi Widodo, Pambudi : Aspek Penting Desentralisasi Adalah Ekonomi

Jakarta, Berita Global – Yang harus dilakukan terkait dengan pemekaran adalah suatu evaluasi yang mendalam tentang hasil positif dan beberapa catatan yang perlu diperbaiki untuk pemekaran yang selama ini sudah terjadi di beberapa hasil yang sudah ada terlihat ada kecenderungan positif dari hasil pemekaran. 

Hal itu diungkapkan oleh Agung Pambudi, Ketua Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah dan Direktur Apindo Research Institute dalam Diskusi Garasi bersama Duta Joko Widodo, pada malam ini, senin (28/01/19 ) yang bertema “Program Ekonomi Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin” Sekretariat Nasional Duta Joko Widodo
Jl. Tebet Timur Dalam IV No. 9 Jakarta.

Acara diskusi juga menghadirkan pembicara Yustinus Prastowo, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA).

“Nah ini yang tentu akan mesti untuk bisa dilihat lebih jauh bagaimana kaitangvdengan permintaan-permintaan untuk pemekaran” jelas Pambudi

Tetapi, Pambudi menambahkan, jika bicara dalam waktu yang sangat pendek ini memekarkan dalam satu tahun kedepan dirasa agak dilematis dan perlu untuk proses telaah yang lebih lanjut.
Namun, klo itu dalam regulasi untuk pemekaran sendiri .

“misalnya ada regulasi-regulasi yang terkait otonomi daerah yang sudah memungkinkan untuk memulai merintis tentang upaya-upaya pemekaran itu di Undang-Undang sendiri tentang Otonomi daerah sudah ada terkait tentang itu. Nah , klo ini dijabarkan lebih lanjut sebagaimana yang diharapkan dalam bentuk PP atau Perpres dan lain sebagainya sampai tingkat kemendagri tentu itu sah-sah saja untuk ditindak lanjuti dalam proses ini untuk dilibatkan berbagai unsur dari pemerintah sendiri, Pusat, Pemerintah daerah, para pengamat kemudian juga akademisi dan lain sebagainya untuk memberikan masukkan utama, dan jangan lupa meminta pendapat dari dunia usaha khan karena salah satu aspek penting dari desentralisasi adalah desentralisasi ekonomi melalui pemekaran itu supaya nanti menjadi berkah supaya tidak menjadi justru malapetaka gitu kalo tidak mampu mengelola daerah pemekaranya itu sendiri,” jelasnya.

ia menigingatkan, memang pemekaran adalah suatu hal yang penting, tetapi yang kedepan harus menjadikan perhatian serius adalah tentang kerjasama antar daerah menurut saya merupakan masa depan dari otonomi daerah.

” jadi, fase yang kita lalui dari 2001 sampai sekarang ini bolehlah kalo belum sampai pada penguatan ubtuk kerjasama antar daerah, tetapi kedepan sudah tidak bisa lagi sudah harus memulai ke fase berikutnya yaitu fase untuk kerjasama antar daerah,” ujar Pambudi. (Ivan/bg )

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *