Trastuzumab Subkutan Formulasi Hemat Waktu Penderita Kanker

Jakarta, BeritaGlobal.com-Roche Indonesia mengumumkan bahwa trastuzumab subkutan sekarang tersedia di Indonesia setelah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 23 Mei 2018. 

Trastuzumab, yang sebelumnya hanya tersedia dalam formulasi infus intravena, adalah obat yang telah digunakan untuk penatalaksanaan kanker payudara HER2-positif, yang diderita oleh sekitar 22,8% dari semua perempuan yang terdiagnosa dengan kanker payudara di Indonesia. 

Obat ini telah memberikan dampak dalam meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dan menurunkan risiko kekambuhan untuk perempuan yang menderita tipe kanker payudara dini tertentu, serta memperbaiki kualitas dan panjangnya hidup perempuan yang menderita kanker payudara stadium lanjut.

Trastuzumab subkutan diberikan melalui injeksi di paha bagian atas pasien selama 2 sampai 5 menit dibanding dengan 30 sampai 90 menit dengan infus intravena. Hal ini mengurangi waktu tunggu pasien tanpa berinteraksi dengan klinisi sebanyak 26% dan waktu penanganan oleh klinisi sebanyak 58%, sehingga pasien lebih sebentar berada di rumah sakit dan dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

 

Di samping manfaat untuk pasien, rumah sakit juga bisa mendapat keuntungan dalam penghematan biaya perawatan hingga 35% per pasien setiap tahunnya. Keuntungan tersebut ditimbulkan dari penghematan waktu dalam persiapan dan pemberian trastuzumab subkutan dan tidak ada sisa obat yang terbuang dibandingkan dengan infus intravena. Penghematan ini bisa membantu meningkatkan kapasitas pelayanan pasien kanker payudara HER2-positif.  (Ivan- BG-PR)

 

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *