Resmi Menjabat Sebagai General Manager JKT48 Melody Nurramdhani Laksani

Melody mengumumkan hal itu di Teater JKT48, Minggu (8/4) malam. Namun, bubar yang dimaksud oleh eks member Tim J, JKT48 lama yang berjalan saat ini akan berganti dengan berbagai hal baru. “Memang hal itu dirasakan, apa JKT48 bubar aja, “ujar Melody dari atas panggung teater.

JKT48 mengatakan harus lahir kembali untuk bisa menjadi idola nasional. Melody bilang, masa keemasan yang ingin diulangi lagi adalah awal kemunculan hingga 2014. Setelah itu, diakui mulai ada penurunan. ’’Tapi kami tetap fighting. Reboost untuk membangun kejayaan itu,”tuturnya.

Itulah kenapa, bagi member, JKT48 lama sudah bubar dan terhitung sejak Juni menjadi bentuk baru. Dia menegaskan, untuk menjadi yang baru, harus memulai semuanya dari awal. ’’Reboost adalah slogan kami untuk berubah. Untuk bisa menjadi idola nasional Indonesia,’’ tuturnya.

Salah satu yang krusial adalah bergantinya konsep idol you can meet (idola yang bisa kamu temui) menjadi idol that will come to meet you (idola yang datang untuk menemuimu). Konsekuensinya, JKT48 tidak hanya menunggu fans untuk datang ke teater. Tetapi, datang ke beberapa kota di luar Jakarta.

“Selama ini ada banyak suara dari seluruh Indonesia. Kenapa fans far selalu dianaktirikan. Melalui project ini, kami ingin melebarkan saya ke seluruh Indonesia,’” jelasnya.

Saat berkeliling Indonesia, JKT48 mengusung konsep sirkus. Yakni, ada beberapa kegiatan yang selama ini bisa ditemukan di event Jakarta. Misalnya, handshake, mini live, sampai foto berdua. Belum diketahui kapan dan kota mana yang menjadi jujugan pertama.

“Saat ke kota itu, kami juga akan main ke sekolah-sekolah. Entah untuk ikut pentas seni (pensi), ikut pelajaran atau kejutannya adalah konser,”tutur gadis yang berulang tahun tiap 24 Maret itu.

Selain JKT48 sirkus, teater yang menjadi home base gadis-gadis energetik itu direnovasi. Rencananya, pada Ramadan nanti prosesnya dimulai. Akan ada LED untuk menambah kenyamanan penonton, hingga AC yang dijanjikan lebih dingin. Setelah lebaran, wajah baru teater JKT48 siap digunakan.

Pengumuman lain adalah soal dua event besar JKT48 hingga akhir tahun. Yakni, pemilihan member (senbatsu sousenkyo) dan perayaan anniversary ke-7 JKT48 dilakukan bersamaan. “Karena konsepnya idola yang datang untuk menemuimu, kemungkinan diadakan di luar Jakarta. Pada Desember 2018,”tandas Melody.

Terakhir, JKT48 yang baru itu membawa dampak pada perubahan sistem tim. Seperti diketahui, saat ini ada Tim J (16 member), Tim KIII (20 member), dan Tim T (15 member). Sedangkan siswi pelatihan atau trainee ada lima member. Nah, pada akhir Juni nanti seluruh tim dijadikan 16 member.

Itu berarti ada pengurangan member Tim KIII dan penambahan member untuk Tim T. Tujuannya, untuk meningkatkan motivasi dan atmosfir persaingan yang lebih sehat. Melalui pola itu, maka member JKT48 nantinya berjumlah 48. “Selama ini orang tahunya JKT48 ada 48 member,”jelasnya

Manajemen menyiapkan konsep JKT48 Academy yang terdiri dari dua kelas yakni A dan B. Yang tidak masuk dalam line up 16 member per tim akan masuk kelas akademi A. Termasuk dengan lima anggota siswi pelatihan. Konsep JKT48 Academy itu akan jalan pada 15 April.

Sedangkan untuk kelas B, sementara ini dihuni oleh anggota generasi ke-6 yang juga diperkenalkan di teater. Member yang berada di kelas B fokus pada belajar dan berlatih. Tidak akan tampil terlebih dahulu. Sedangkan siswi kelas A Akademi JKT48 bisa menjadi backup untuk seluruh tim.

’’Setiap handshake event (biasanya tiga atau empat bulan sekali), akan diumumkan perubahan tim. Tujuannya untuk mewujudkan rasa persaingan dari member,”terang member Tim J Devi Kinal Putri yang dipercaya menjadi Kepala Sekolah JKT48 Academy. Kata Kinal, penggemar nanti ikut menentukan siapa saja member yang layak masuk tim atau turun menjadi siswi akademi JKT48. (Sum)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *