Alumni Peduli Budaya Akan Masuk Rekor MURI

Jakarta, BeritaGlobal.Com – Ikalibels Jakarta (Ikatan Keluarga Alumni SMA Negeri 15 Jakarta) menggagas suatu kegiatan dalam rangka HUT RI ke 74 sekaligus peduli dan melestarikan Budaya serta penanggulangan pengaruh buruk games terhadap pendidikan anak.

Kegiatan tersebut berlangsung di Mall Bellaterra lifestyle Kelapa Gading Jakarta Utara pada tanggal 24 Agustus 2019.

Bertema PORSENI TRADISIONAL, olahraga dan seni yg akan dipertandingkan adalah permainan permainan budaya tradisional seperti Halma, Ludo, ular tangga, Damdas, Monopoli, Congklak, Catur Jawa, Senam dll. Bahkan, di tahun ke depan akan ditambahkan permainan di jaman dahulu yaitu ekhisibisi galasin, kepala bulan, demprak, bentengan dll.

“Anak cucu kita yang sudah banyak tidak mengenal dengan permainan ini. Padahal, ini adalah warisan budaya yg harus kita lestarikan,” ujar Dadang Tompro, ketua umum Ikalibels Jakarta.

Bayangkan, lanjut Dadang, bahwa saat ini, seiring berkembangnya jaman, anak-anak dijaman  sekarang banyak yang terpengaruh dengan gadget, games online dll yg sebenarnya dapat merusak otak, ahklak maupun pikiran mereka. Oleh sebab itu, Ikalibels Jakarta sesuai dengan hasil raker ( Rapat Kerja ) bersepakat dalam pelaksanaan kegiatan ini akan dijadikam ajang silaturahmi yang penuh canda tawa dan bahagia, bisa bermain seperti masa muda lagi.

“Dengan olahraga, olah rasa, dan olah fikir yg ringan tapi berdampak positif terhadap budaya dan politik dan pendidikan generasi penerus,” papar Dadang.

Sementara, menurut ketua Panitia Pelaksana, Edwin, kegiatan unik ini seperti pepatah gayung bersambut, ternyata gagasan ini juga di apresiasi oleh Alumni SMA/K Jaringan Bersama Indonesia (ASJB Indonesia) dengan mengikut sertakan sekitar 23 sekolah agar alumninya mengikuti kegiatan ini dan bertanding antar alumni SMA/K se DKI Jakarta.

“Kegiatan ini telah kami daftarkan ke Museum Rekor Dunia Indonesia, dan ternyata kegiatan ini dapat masuk sebagai bagian dari Rekor Indonesia, dan kegiatan ini akan dilaksanakan rutin setiap tahun,” kata Edwin.

Rencananya, di tahun ini, kegiatan  akan diikuti oleh 30 angkatan alumni Ikalibels Jakarta dan 23 SMA/K se DKI Jakarta,” Edwin Menambahkan

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat bermanfaat sesuai dengan tujuan yang diharapkan, Ikalibels Jakarta terus bergerak dan bermanfaat,” tutup Edwin. (ags/red/bgc)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *