Keseruan Pokemon Go Dalam Turnamen

Jakarta, Berita Global – Komunitas Pokemon club 40 Indonesia berkokaborasi dengan komunitas Pokemon Go Indonesia mengadakan turnamen tematik  pada tanggal 22 Juni 2019 di Sumarecon Mall Serpong.

Acara ini diikuti oleh komunitas komunitas Pokemon Go Seluruh Indonesia.Total hadiah acara ini lebih dari 15 juta rupiah.

Selain lomba PVP(player Versus Player) , acara kali ini juga mengadakan lomba cosplay dan Buddy(action figure/boneka pokemon) khusus untuk pemain Pokemon Go Pada akhir Desember 2018 Niantic Developer Pokemon Go memperkenalkan fitur PVP ( Player Versus Player) kepada para pemainnya.

Tidak semua pemain suka dengan fitur ini, karena cukup sulit. Tetapi  banyak juga pemain yang sangat antusias mendalami sisi kompetitif dari game pokemon Go ini.
Bahkan ada saja komunitas Pokemon Go yang secara mandiri mengadakan turnamen PVP ini dalam rangka mencari yang terbaik di antara mereka.

Kegiatan ini juga semakin berkembang semenjak hadirnya alat bantu dalam mengadakan turnamen yang bernama Silph Arena ( silhp.gg) yang dibuat oleh komunitas mandiri terbesar di dunia Pokemon Go: The Silph Road.

Silph Arena memudahkan para komunitas Pokemon Go dalam menyelenggarakan turnamen mulai dari pembuatan detil informasi turnamen ( termasuk peta lokasi), proses pendaftaran , sistem pelaporan turnamen sampai kepada papan peringkat baik lokal ataupun global.

Dan untuk membuat hal ini lebih menarik, setiap bulan Silph Arena juga akan menentukan tema turnamen guna membatasi Pokemon apa aja yang boleh di pakai. Jadi para pemain Pokemon Go selalu di tantangan untuk bisa membuat team ( terdiri dari 6 Pokemon ) yang sesuai tema agar bisa mengikuti pertandingan tematik dan terus meningkatkan peringkat dia secara lokal ataupun global.

Tema turnamen pada bulan Junj 2019 ini adalah Rainbow Cup ,dimana para pemain hanya boleh menggunakan Pokemon dengan tipe Grass ( Tumbuhan ), Fire (Api), Bug(Serangga ) , Electric (listrik) dan water (air).

Acara ini juga dimeriahkan dengan hadirnya pemain Pokemon Go nomor 1 di dunia (dalam hal XP), Brandon Tan dari Singapura. Brandon akan ikut menjadi salah satu dari 400 peserta turnamen kali ini yang hingga saat ini merupakan turnamen terbesar di dunia.

Para pemain duduk berhadapan dengan mata yang terus menatap ponsel masing-masing dan jari tak berhenti bergerak menyentuh layar gawai mereka. Sebagian di antara mereka mengenakan kostum atau atribut Pokemon, ada juga yang menaruh boneka Pokemon di meja sebagai pemanis.

Pemain Pokemon GO harus menyiapkan tim berisi enam pokemon tipe tumbuhan (grass),api (fire), serangga (bug),listrik (electric) dan air (water) sesuai dengan tema.

Vivi Aryani selaku Leader dan Admin Pokemon Go Indonesia & Club 40 Indonesia,mengatakan turnamen itu bisa diikuti semua pemain di Indonesia dari semua level.

Bisa dibilang ini yang terbesar di dunia berdasarkan data ada 449 partisipan,ujar Vivi dalam konferensi pers di SMS Tangerang Selatan.

Turnamen yang diikuti komunitas-komunitas Pokemon GO se-Indonesia itu dimeriahkan pemain dari berbagai daerah, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Kota Medan.

Pertandingan itu juga dihadiri oleh pemain Pokemon GO nomor satu di dunia yang unggul dalam nilai XP, yaitu Brandon Tan dari Singapura.

Adapun hadiah hadiah yang akan didapatkan dalam turnamen  PVP ini anatara lain.
Juara 1 : uang tunai 5 juta + Trophy + Piagam
Juara 2 : uang tunai 3 juta + Trophy + Piagam
Juara 3 : uang tunai 2 juta + Trophy + Piagam
Juara 4-8 : uang tunai 500 ribu + Trophy + Piagam
Serta tambahan uang tunai total 1,5 Juta untuk 3 orang pada mistery game.

Lomba Cosplay untuk peserta dan penonton!
Juara 1 : 500 ribu + Plakat
Juara 2 : 400 ribu + Plakat
Juara 3 : 300 ribu + Plakat
Juara 4-6 : 150 ribu + Plakat

Lomba Membawa Buddy Pokemon (Boneka/Action Figure khusus peserta PVP)
Juara 1 : 500 ribu + Plakat
Juara 2 : 400 ribu + Plakat
Juara 3 : 300 ribu + Plakat
Juara 4-6 : 150 ribu + Plakat

Vivi berharap penyelenggaraan turnamen membuat permainan Pokemon GO semakin berkembang di Tanah Air dan Niantic sebagai pengembang Pokemon Go melirik potensi permainan itu di Indonesia sehingga mau mengadakan acara-acara besar tingkat internasional seperti Go Fest di Jepang dan AS ( upi/bgc)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *