Peradi Menggelar Sosialisasi e-Court ke Para Advokat

Dalam upaya mendukung pelaksanaan Perma MA No.3/2018 tentang Administrasi perkara di pengadilan secara elektronik. untuk itu Peradi pimpinan Juniver Girsang menggelar sosialisasi soal administrasi perkara di pengadilan secara elektronik (e-court) kepada para advokat. Sosialisasi aplikasi e-court kepada advokat digelar di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (20/7/2018). Aplikasi e-court dibuat MA untuk memudahkan administrasi perkara perdata secara elektronik.

“Sosialisasi ini sangat penting bagi advokat, karena advokat nantinya wajib mengikuti aplikasi e-court. Apilkasi ini merupakan suatu sistem layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara perdata secara online, sekaligus nantinya akan mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara online, dan pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik,” ujar Juniver.

Sementara itu salah seorang Advokat Law Office  Agustina, Siregar & Partners Susanti Agustina, SH,MH mengatakan ,”dengan adanya sosialisasi ini semua advokat menyambut baik  dan  menjelaskan pengguna dari aplikasi tersebut hanya diberi status terdaftar apabila dapat diverifikasi oleh pengadilan tinggi. Pengguna terdaftar pun tunduk pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lebih lanjut lagi Agustina meambahkan Untuk itu, para advokat saat menangani perkara perdata  nantinya tidak perlu lagi datang ke pengadilan untuk mendaftar. Para advokat dapat mendaftar melalui e-filling.”Sehingga, mempersempit adanya interaksi langsung antara advokat dan pegawai pengadilan,” papar Agustina

Dan “Pelanggaran pada syarat tersebut ada teguran, penghentian hak akses, penghentian hak akses permanen. Maka nantinya kalau memang ada pemalsuan bisa lanjut ke ranah pidana,” imbuh Agustina.

Dalam hal ini proses administrasi e-court ini hanya berlaku untuk perkara perdata agama, tata usaha militer, dan tata usaha negara. Namun aplikasi ini memang belum bisa berjalan full secara elektronik tandas Agustina.(uh)

 

 

 

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *