Pembukaan Pengajian Ikalibels Jakarta dihadiri 100 lebih Alumni Mengirimkan Doa dan Tahlil untuk Para Alumni Yang Telah Wafat

GOR Gelanggang Remaja Kecamatan Tanjung Priok Jumat 18 Januari 2019 pelaksanaan pengukuhan pengurus Mata Kalam Libels Jakarta (Majlis Ta’lim Keluarga Alumni SMAN 15 Jakarta) bagian dari Bidang Kerohanian Islam Ikalibels Jakarta dengan tema : “Luruskan Aqidah, Murnikan Ibadah, Ikhlaskan Niat” sekaligus juga Pembukaan Pengajian Ikalibels Jakarta

Kegiatan ini juga melakukan acara Pengajian umum, doa dan tahlil para alumni juga sekaligus dalam upaya mendoakan para almarhum dan almarhumah alumni SMAN 15 yang telah wafat.

Dra. Hj Murtian Mursalim yang membawakan ceramah dalam pengajian ini menyampaikan : Luruskan aqidah-murnikan ibadah  dan ikhlaskan niat pengertian dan Konsep Akidah Islamnya adalah Kata akidah atau i’tiqod secara bahasa berasal dari kata al ‘aqdu yang artinya berputar sekitar makna kokoh, kuat, dan erat.

Adapun secara istilah umum, kata akidah bermakna keyakinan yang kokoh akan sesuatu, tanpa ada keraguan. Jika keyakinan tersebut sesuai dengan realitas yang ada maka akidah tersebut benar, namun jika tidak sesuai maka akidah tersebut bathil.

Sedangkan ‘aqaid atau “ilmu ‘aqaid” adalah nama lain yang timbul belakangan bagi ilmu kalam dan ilmu tauhid. Istilah “ilmu ‘aqaid” ini mulai dipergunakan sejak abad ke-6 Hijriah sesudah munculnya kitab al-‘Aqidun-Nasafiyah. Sedangkan “ilmu kalm” adalah ilmu yang membahas tentang keyakinan agama dengan dalil-dalil yang pasti (qhat’i). Aqidah dalam islam itu sendiri bersumber dari Al-Qur’an dan As Sunah, bukan dari akal atau pikiran manusia.

Akal pikiran itu hanya digunakan untuk memahami apa yang terkandung pada kedua sumber aqidah tersebut yang mana wajib untuk diyakini dan diamalkan. Di dalam kajian sosiologi kata akidah mempunyai beberapa pengertian sebagai berikut: Pertama, akidah berarti keyakian (’itiqad) yang menerima pendapat sebagai kebenaran dan menerimanya semata-mata sebagai hasil pemikiran walaupun yang kadang-kadang mengandung unsu-unsur perasaan. Kedua, akidah merupakan landasan pikiran seseorang dalam melakukan perbuatan yang dipilihnya.

Orang yang menjalankan akidah Islam itu dapat di kategorikan dalam tiga tingkatan sebagai berikut: Pertama, tingkatan orang yang menerima akidah sebagai ajaran dana mempercayainya sebagai tradisi yang berlaku. Kedua, tingkatan orang yang menerimanya lewat pemikiran dan penalaran, sehingga imannya semakin bertambah dan keyakinannya semakin kuat. Ketiga, tingkatan orang yang secara konsisten pada penalarana dan pemikirannya serta senantiasa memohon pertolongan kepada Allah SWT untuk menaati-Nya.

Pada tingkatan ini seseorang mampu melihat dengan kesadaran batinnya itu sesuatu yang dapat menyempurnakan imannya dan keyakinannya.

Pada kesempatan ini Ketua Umum Ikalibels Jakarta menyampaikan : Bahagia dan bangga dikepengurusan Ikalibels Jakarta ini telah terbentuk majelis taklim atau Mata Kalam Libels Jakarta. Semoga Bermanfaat dan menambah pengetahuan dan keimanan buat kita semua.

Ketua bidang Kerohanian Ikalibels Jakarta Ust Atang Kusnady yang didampingi oleh Ketua Mata Kalam Libels Ust Rido Widodo menyampaikan bahwa melalui mata Kalam inilah diharapkan silaturahmi dan ibadah para alumni SMAN 15 terus terbangun dimulai dari para alumninya langsung berharap terus berkembang kepada keluarga dan anak cucu kedepan, setelah pembukaan ini akan dilanjut dengan kegiatan rutin pengajian dan silaturahmi bulanan serta kegiatan kegiatan hari besar Agama Islam, dan secara sosial selain selalu dapat mendoakan semua teman dan keluarga yg sudah meninggal juga dapat menyantuni keluarga kelurahan alumni yg membutuhkan.

Kegiatan ini dipandu oleh Deasy Yulmaini angkatan 86 dan yang dikukuhkan sebagai pengurus Mata Kalam Libels Jakarta adalah : Ketua Rido Widodo angkatan 88, Sekretaris Asih Sugiasih angkatan 86, Bendahara Nurhayati (athiee) angkatan 94 : Ikalibels Jakarta terus bergerak dan bermanfaat.(Agus)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *