Menag Takziah ke Rumah Almarhumah Hj Aisyah Hamid Baidlowi

 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertakziah ke kediaman Almarhumah Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU periode 1995-2000 Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid.

Nyai Hj Aisyah Hamid wafat pada Kamis (08/03) di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, sekitar pukul 12.50 WIB. Menag Lukman bertolak ke rumah duka di bilangan Jalan Bukit Pratama Raya A.9 Pasar Jumat Lebak Bulus usai menghadiri dan membuka Rakernas Ditjen PHU dan Jagong Masalah Umrah dan Haji di bilangan Ancol, Kamis malam.

Menag tiba di rumah duka sekitar pukul 22.55 WIB dan langsung disambut anak dan keluarga Almarhumah Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid. Mengenakan kemeja putih, Menag Lukman menyempatkan salat jenazah dan mendoakan Almarhumah. Menag didampingi dua putra Almarhumah yakni Abdul Wahid dan Arif Rahman.

Menurut pihak keluarga, jenazah Almarhumah Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 WIB akan diterbangkan ke Jombang Jawa Timur.  Almarhumah akan dimakamkan di Madrasatul Qur’an Tebuireng, Jombang, Jawa Timur usai salat Jumat. 

Nyai Aisyah Hamid lahir di Jombang pada 6 Juni 1940, merupakan putri kedua KH Wahid Hasyim, adik Gus Dur dan kakak dari KH Salahuddin Wahid, KH Umar Wahid, Nyai Lily Chodijah Wahid, dan KH Hasyim Wahid. 

Nyai Aisyah pernah menjabat Ketua Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) 1990-1995, Anggota DPR RI tiga periode (1997-2009), Pengurus Dewan Pimpinan MUI (1995-2000), Ketua Umum DPP Pengajian Al-Hidayah (2000-2010), dan Ketua Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (1999-2013) dan juga pernah mengemban jabatan Ketua Umum PP Muslimat NU. 

Sepanjang jalan masuk dan di depan rumah Almarhumah hingga Jumat dini hari (09/03) di bilangan Jalan Bukit Pratama masih tampak berjejer rapi karangan bunga ungkapan belasungkawa. Mulai dari Presiden RI Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, para menteri kabinet Indonesia Bersatu, ketua parpol dan kerabat dekat dari Almarhumah lainnya.(kemenag)

Artikel Terkait

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *